Minggu, 25 April 2010

Bagian Gudang Material

Bagian gudang material adalah bagian yang bertanggungjawab menerima, menyimpan dan mendistribusikan material produksi. Dalam proses penerimaan barang bagian gudang bersama dengan Bagian pengendali mutu dan PPC Supply berfungsi sebagai bagian penerimaan. Selanjutnya bagian gudang menyimpan barang yang diterima sampai barang tersebut didistribusikan.

Deskripsi Kerja Bagian Gudang Material :
1. Mencatat penerimaan material dari supplier
2. Menyimpan material di gudang
3. Mencatat distribusi material untuk produksi.
4. Membuat surat jalan untuk material yang dibawa keluar lokasi pabrik
5. Menerbitkan laporan posisi persediaan untuk keperluan operasional

Prosedure kerja bagian gudang
1. Bersama dengan bagian pengendali mutu menerima barang dari supplier dimana bagian gudang bertanggung jawab menghitung jumlah fisik barang yang diterima.
2. Mencatat jumlah barang yang diterima melalui terminal yang tersedia di gudang, sesuai dengan jumlah barang yang diterima. Dokumen pengantar barang harus telah diperiksa oleh petugas penerima dan Quality Control.
3. Berita Acara Penerimaan harus segera dapat didistribusikan ke PPC Supply untuk diperiksa dan dilegalisasi oleh PPC manager. Selanjutnya diteruskan ke bagian pembelian dan administrasi keuangan.
4. Mencatat pengeluaran barang dari gudang berdasarkan bon permintaan barang untuk produksi. Barang yang dikeluarkan selain bahan pembantu harus tercatat dalam alokasi material.
5. Mencatat barang sisa produksi berdasarkan bon pengembalian barang sisa produksi yang masih dapat dipakai. Bon barang sisa produksi dibuat oleh bagian produksi (Shift leader) dan pengembalian material harus sesuai dengan identifikasi permintaan material.
6. Membuat laporan persedian untuk keperluan operasional dan ditempelkan pada papan informasi. (JPS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar